Jumat, Januari 26, 2018

ASUS X555QA, Notebook Masa Kini Penunjang Aktivitas Sehari-hari



Aku pengen punya laptop baru
Laptop yang lama tak bersahabat
Buat kerja jadi terhambat

Laptop bagi saya sudah menjadi barang wajib untuk menunjang aktivitas saya sehari-hari. Saya menggunakan laptop untuk bekerja, menulis, streaming, maupun untuk hiburan seperti nonton film. Jadi, laptop nggak cuma untuk menunjang pekerjaan saja, tapi juga untuk hiburan biar nggak stress.

Selama ini saya masih menggunakan laptop yang saya gunakan sewaktu kuliah. Spek-nya pun bisa dibilang biasa aja, maklumlah, waktu beli laptop dulu budget terbatas, yang penting bisa punya laptop dulu untuk menunjang aktivitas kuliah.

Saat saya mengerjakan tugas akhir dan harus menggunakan software SPSS, mulai timbullah masalah pada laptop ini. Sofware SPSS sendiri rata-rata memakan RAM hampir 1GB. Padahal laptop saya hanya mempunyai RAM 2GB saja. Bisa bayangin kan gimana lemotnya saat harus mengoperasikan software ini ? Setelah tugas akhir selesai dan software SPSS sudah tak lagi digunakan, maka dengan sangat terpaksa software tersebut saya uninstall berharap masalah kelemotan pada laptop saya bisa segera teratasi. 

Kabar buruk! Ternyata, masalah laptop yang lemot belum juga teratasi. Bahkan sekarang laptop malah sering hang. Buat buka file saja butuh waktu cukup lama. Jadi berasa sebel, kesel, gemes-gemes sendiri gitulah. Apalagi kalau ada kerjaan yang dikejar deadline. Beuuh......jadi makin nggak sabaran ingin ganti laptop.

Eh, sekarang malah muncul masalah lagi, baterainya sering ngedrop. Lengkap sudahlah. Jadi kalau pakai laptop, charger harus nancep dicolokan listrik. Keadaan semakin ribet kalau laptop harus dipakai diluar ruangan yang tidak ada colokan listriknya. Matilah aku! Jadi nggak leluasa mobile dong.

Akhirnya nih jadi mikir-mikir buat ganti dengan laptop yang baru dengan performa yang lebih bagus. Tapi, berhubung belum ada budget buat beli laptop baru, ‘nyicil’ cari-cari info dulu nggak papa kan ya.

Dari dulu aku selalu menginginkan laptop ASUS. Siapa sih yang nggak tau dengan merek yang satu ini ? Rasanya hampir semua orang tau tentang merek ASUS ini, entah itu produk laptop, smartphone, maupun komponen komputer lainnya. Merek yang satu ini memang sudah dipercaya bagi pengguna perangkat komputer maupun smartphone sebagai merek yang mempunyai kualitas mumpuni. Tak hanya spesifikasinya saja yang jempolan, ASUS cenderung mempunyai ketahanan yang baik.


ASUS merupakan Top 2 produsen laptop konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik. ASUS juga terus memimpin pasar dan menjadi brand laptop No.1 di Asia Tenggara. Dari data IDC kuartal keempat 2016, ASUS meraih market share tertinggi untuk Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Filipina) dengan market share sebesar 26,3%.


Nah, kembali lagi bicara masalah laptop, maka laptop ASUS menjadi incaranku. Apalagi belum lama ini, tepatnya jelang akhir tahun kemarin, ASUS memperkenalkan rangkaian laptop consumer terbarunya dari lini stream dan entry gaming, X Series. Kali ini, perusahaan teknologi terkemuka asal Taiwan tersebut merilis beberapa laptop antara lain ASUS X550IK, X555QG, X555QA dan X555B, yang disokong oleh APU baru seri terjangkau buatan AMD.

Rangkaian laptop terbaru yang dirilis tersebut menjadi perangkat komputer jinjing kelas menengah yang ramah kantong, namun tetap diramu dengan spesifikasi mumpuni untuk menjalankan sistem komputasi memadai. Secara keseluruhan sejumlah rangkaian laptop ini menawarkan performa memukau antara lain, dukungan GPU ber-video memori hingga 4GB, RAM hingga 8GB berkonfigurasi dual channel dan dapat di-upgrade, hingga Accelerated Processing Unit (APU) generasi tertinggi pada jajaran prosesor AMD APU Mobile.

Dari beberapa laptop baru keluaran ASUS, pilihanku jatuh pada ASUS X555QA. Kenapa ? ASUS X555QA diperkuat oleh prosesor AMD APU generasi ke-7 terbaru yang dihadirkan di tahun 2017. Notebook ini sanggup untuk menunaikan tugas-tugas rutin bagi penggunanya, yang tentunya sangat pas untuk saya. Apalagi untuk harganya juga lebih terjangkau.


Nah, ingin tau lebih detail tentang ASUS X555QA ? Yuk langsung aja simak ulasan di bawah ini :


Sudah Dilengkapi Dengan Windows 10
Sumber gambar : theverge.com
ASUS X555QA sudah mengadopsi sistem operasi Windows 10 secara langsung sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstalasikan sistem operasi lebih dulu, apalagi sistem operasi tak resmi yang malah bisa membahayakan perangkat ataupun data-data pribadi kita. Selain itu, hal ini juga merupakan bagian dari campaign ASUS untuk menghadirkan Windows 10 secara 100% untuk seluruh laptop terbaru ASUS. Pengguna tidak perlu repot membeli dan menginstalasikan terlebih dahulu sistem operasi pada notebook ini sebelum mulai digunakan.

Mempunyai ‘Otak’ yang Cerdas 
Notebook ini diperkuat oleh prosesor AMD 10-9620p yang memiliki empat inti prosesor (quad core) dan grafis berbasis Redeon R5. Prosesor sendiri adalah otak dari sebuah komputer ataupun laptop. Prosesor ini merupakan komponen yang sangat penting di dalam komputer. Tanpa prosesor, sebuah perangkat teknologi ini tidak bisa berjalan.

Bisa bayangin kan bagaimana jika manusia punya otak lemot ? Begitu pula dengan sebuah komputer, tentunya jika sebuah komputer mempunyai prosesor yang bagus, maka kinerjanya juga akan lebih baik. Nah, dengan prosessor quad core tentunya kinerja notebook ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan yang prosesornya dual core ataupun single core.



Performa Cepat, Bertenaga dan Mendukung Kinerja Multitasking
ASUS X555QA mempunyai memori RAM dengan kapasitas memori 4GB jenis DDR4 2133MHz yang dapat pula di upgrade hingga maksimal 16GB dan mendukung dual channel. Tak heran dengan RAM yang besar ini dapat mendukung aktivitas saya yang multitasking yang melakukan aktivitas secara bersamaan.

Saya ini orangnya kalau buka laptop, biasanya nggak hanya berfokus pada satu hal saja. Terkadang di waktu yang bersamaan saya harus segera melakukan hal-hal d seperti menulis, browsing, kirim email, mencari file-file pendukung tulisan, atau mendengarkan musik. Nah, beruntungnya laptop incaran saya ini mampu melakukan multitasking seperti yang saya inginkan. Jadi, nggak bakalan deh kerja terhambat karena harus nunggu satu kerjaan kelar baru ganti yang lain. Selain itu, notebook ini sangat bertenaga dan memberikan pengalaman terbaik saat streaming atau berselancar di dunia internet dengan cepat tanpa lemot.


Kapasitas Memori Penyimpanan Sangat Besar
Terkadang saya harus menyimpan banyak file di laptop. Mulai dari file urusan kerjaan, foto-foto, video dan lain sebagainya yang membutuhkan hardisk yang besar. Nah, kelebihannya lagi dengan ASUS X555QA ini adalah mempunyai kapasitas yang besar yakni 1TB. Kebayang kan gimana besarnya kapasitas hardisknya ? Dengan kapasitas yang begitu besar tak takut lagi kehabisan ruang penyimpanan file, bahkan cukup untuk menyimpan data-data penting maupun kenangan manis lainnya, hahaha.


Ukuran Layar Lebar, Bobot Ringan dan Desain Cukup Memuaskan
Dengan layar berukuran 15,6 inchi serta terdapat optical disc drive tentu membuat laptop ini lebar dan tebal. Notebook ini cukup ringan, dengan dimensi 328 x 256 x 25,8 mm bobotnya hanya 2,3kg. Dengan bekal panel layar LCD 15,6 inchi, ASUS X555QA dibekali dengan resolusi layar 1366 x 768, dengan begitu layarnya sangat nyaman dengan kualitas warna yang cerah.

Notebook ini hadir dengan dimensi yang cukup lebar, sehingga sangat mendukung ketika menonton film ataupun melakukan pekerjaan lainnya yang mendukung penggunaan layar yang lebar. Tampilan yang besar sangat mendukung untuk melakukan aktivatas berlama-lama di depan laptop. Notebook ini menggunakan material plastik finishing sehingga desainnya sangat terlihat bagus dan sangat kokoh. ASUS memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, baik dilapisan luar layar maupun bagian dalam pada penampang keyboard.



Keyboard yang Dirancang Secara Ergonomis
Ukuran penuh, keyboard one-piece chiclet memiliki desain rakitan belakang yang disempurnakan dengan 1,6 mm perjalanan utama dan pelampung kunci minimal untuk nuansa yang solid dan pengalaman mengetik yang lebih nyaman. ASUS juga menyertakan keyboard yang lengkap dengan tombol numpad di sisi sebelah kanan. Tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad ASUS X555QA cukup nyaman untuk mengetik.


Notebook ASUS X555QA memiliki touchpad multi-point dengan teknologi ASUS Smart Gesture yang memberikan pengalaman kita untuk melakukan input ujung jari yang intuitif dan alami. Tekonologi Smart Gesture mendukung berbagai perintah sehingga kita dapat melakukan zoom in/out pinch zoom, gulir dan sentuh.



Teknologi ASUS Ice Cool
Notebook ASUS menampilkan desain internal unik yang menangani masalah panas yang tidak nyaman dengan mencegah penumpukan panas di bawah palm rest. Teknologi ASUS Ice Cool menjaga palm rest pada kisaran suhu antara 28 ゚ C sampai 35 ゚ C, ini secara signifikan lebih rendah dari suhu tubuh, sehingga mengetik sedikit lebih nyaman untuk Anda.



Pilihan Konektivitas yang Luas
Notebook ASUS X Series dilengkapi port USB 3.0, HDMI dan VGA, pembaca kartu SD / SDHC / SDXC 3-in-1, dan pilihan konektivitas lainnya untuk memastikan kompatibilitas dengan berbagai perangkat dan periferal. USB 3.0 memberi Anda sepuluh kali kecepatan. USB 2.0, memungkinkan Anda menyimpan foto, atau mentransfer musik dan file video berukuran besar dalam waktu singkat. Mentransfer film berkualitas Blu-ray 25GB sekarang hanya membutuhkan waktu 70 detik. Di atas port VGA standar, notebook ASUS X Series juga dilengkapi port HDMI untuk output Full HD 1080p.

Kebutuhan akan koneksi sekarang ini sudah menjadi hal yang wajib ada pada sebuah notebook, maka ASUS X555QA pun juga dibekali built-in Bluetooth 4.0 yang mendukung proses berbagai data jauh lebih cepat dan juga koneksi Wi-FI Intergrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n. Slot yang tersedia di notebook ASUS X555QA ini antara lain 1 x RJ45 LAN, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x SD card reader, 2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x COMBO audio jack, 1 x HDMI. Dengan dukungan slot yang lengkap maka mendukung pilihan konektivitas yang luas.



Audio Sejernih Kristal
Kebanyakan notebook menampilkan speaker on board kecil yang sering menghasilkan audio sumber tunggal yang tidak memiliki kekhasan. Notebook ASUS X Series menghadirkan audio dengan kesetiaan tinggi berkat teknologi ASUS Sonic Master dan ASUS Audio Wizard. Jadilah tenggelam dalam pengiriman audio omnidirectional Seri X dan dengarkan musik seperti seharusnya didengarkan.






Notebook Dengan Aksesibilitas Seperti Smartphone
Dengan ASUS X Series, Anda bisa mendapatkan notebook dengan waktu respons seperti smartphone. Ini dilengkapi dengan resume instan 2 detik, sehingga kita bisa beralih dari mode tidur untuk berselancar di internet atau mengerjakan dokumen dalam sekejap.

Notebook X Series bahkan memberi kita berbagai mode daya yang optimal sehingga kita mendapatkan sebagian besar hidup dari baterai. Mereka bahkan bisa tetap dalam mode standby selama dua minggu yang luar biasa! Anda tidak perlu khawatir kehilangan data selama waktu itu juga, karena otomatis akan dicadangkan saat tingkat baterai turun di bawah biaya 5%.



Battery Tahan Lama Membuat Aktivitas Kita Tidak Terhambat
Notebook ASUS X Series memiliki baterai Li-Polymer yang memberi kita 2,5 kali masa pakai baterai silinder Li-ion. Bahkan setelah ratusan siklus pengisian daya, masih memegang hingga 80% dari kapasitas muatan aslinya.

Gimana, keren kan ? jadi nggak perlu takut lagi jika harus menggunakan notebook di luar ruangan yang jauh dari jangkauan listrik. Tentunya sangat cocoklah jika laptop ini untuk dibawa sambil travelling ataupun aktivitas diluar ruangan lainnya.



Layanan Purna Jual yang Memanjakan Pengguna
Dari sisi layanan purna jual, ASUS juga memanjakan pengguna X555QA dengan garansi penuh termasuk service dan sparepart selama 2 tahun, dan berlaku secara global.



Kesimpulan
ASUS X555QA merupakan notebook all-rounder yang harganya relatif terjangkau dan sempurna untuk bekerja dan hiburan. Dengan performa APU yang mumpuni untuk tampilan grafis yang indah, notebook ini juga dilengkapi dengan audio bersertifikasi ASUS SonicMaster untuk pengalaman audio yang mengesankan.

Tak hanya itu, fitur resume 2 detik dari kondisi sleep mode membuat pengguna bisa memanfaatkan notebook ini kapan saja di mana saja dengan segera. Adapun konektivitas USB 3.0 akan menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi terhadap penyimpanan eksternal ataupun perangkat input-output lainnya. Kombinasi prosesor AMD yang kuat namun efisien, dan harga yang terjangkau akan menghadirkan pengalaman komputasi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Notebook ASUS X555QA sangan memenuhi kebutuhan sehari-hari saya seperti menulis blog, browsing, kirim email, baca berita, maupun streaming video.




Nah, itulah sekilas tentang notebook impianku, semoga saya dapat mendapatkan notebook impian saya ini. Bagi kamu yang juga lagi butuh notebook dengan spek keren harga bersahabat, maka notebook ini juga layak kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD – Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

Referensi :
https://www.asus.com/Laptops/X555QA/
Press Release Asus

6 komentar:

  1. nyimak mbak, baca juga https://johanirvani.blogspot.co.id/2018/01/untuk-kamu-dan-untuk-semua-orang.html

    BalasHapus
  2. Alamak, komplit sangat review-nya. Laptop memang sudah menjadi barang yang wajib ada bagi seorang blogger. You know why?? Pasti tau dong alasannya... Hehehe.. BTW saya juga ikutan loh, kuy lah berkunjung sejenak dan ninggalin jejak disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas...kebetulan juga nih laptopnya pengen minta ganti....semoga saja beruntung..hehehe

      Siap...segera meluncur

      Hapus
  3. Terima kasih telah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD – Laptop for Everyone. Good luck yaaa…

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar yang berbau sara akan saya hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.