Kamis, Februari 08, 2018

Dokter Babe, Situs Kesehatan Berkualitas (Review)


Kesehatan adalah nikmat dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Semua orang pasti menginginkan hidup sehat. Siapa sih yang menginginkan sakit ? Pastinya nggak ada kan ?

Sakit itu nggak enak kok, beneran deh. Saya mengalami sendiri tiga tahun yang lalu dimana saya harus dirawat di rumah sakit. Hari itu pertama kali saya diambil sampel darahnya, pertama kali diinfus, dan pertama kali dirawat di Rumah Sakit. Saya paling anti sama jarum suntik, dan saat itu setiap hari saya harus berhadapan dengan jarum suntik. Saya dirawat karena sakit Tifus (tipes) atau demam tifoid, dimana penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Pengalaman sakit dulu pernah saya tuliskan disini. Maka semenjak itu saya berusaha untuk lebih menjaga dan peduli pada  kesehatan.


Untuk menambah wawasan tentang kesehatan, saya jadi sering membaca artikel-artikel. Tentu saja untuk artikel kesehatan ini berbeda dengan artikel lainnya, dimana harus ditulis ataupun diverifikasi oleh pihak yang berkompeten dibidangnya, misalnya saja dokter. Dengan begitu pembaca pun jadi yakin bahwa artikel itu benar-benar valid dan tidak menyesatkan pembacanya.

Sejalan dengan perkembangan gadget ternyata telah mengubah banyak hal termasuk pula dalam hal kesehatan. Internet memudahkan orang untuk mencari informasi kesehatan yang mereka butuhkan tanpa harus datang langsung ke dokter. Mereka mencari informasi tentang beragam penyakit dan obat untuk mencari pertolongan pertama sebelum berkunjung ke dokter. Salah satu website yang menyediakan informasi seputar kesehatan adalah Dokter Babe dengan alamat website www.dokterbabe.com.


Apa itu Dokter Babe ?


Dokter Babe sendiri merupakan situs kesehatan paling terdepan di Indonesia, yang membahas secara lengkap dan menyeluruh tentang masalah kesehatan dan tips hidup sehat yang sesuai dengan gaya hidup orang Indonesia. Website yang mempunyai tagline “Hidup Sehat Itu Mudah” hadir dengan tujuan yang mulia, yakni untuk memberikan informasi seputar kesehatan agar masyarakat Indonesia semakin melek tentang kesehatan.


Kecepatan Akses Website


Hal pertama yang saya perhatikan dalam sebuah website adalah kecepatan aksesnya. Ini merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh pemilik ataupun pengelola website, karena hal ini merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung dalam berselancar di situs tersebut.

Anda bisa membayangkan ketika Anda mencari sebuah artikel, kemudian menemukan website yang sesuai dengan kebutuhan Anda, namun memiliki akses yang sangat lama? Saya yakin Anda akan close website tersebut dan mencari website lain yang lebih cepat untuk Anda akses. Sebaliknya jika Anda menemukan artikel yang sesuai dan akses websitenya cepat, Anda pasti akan merasa betah berselancar di website tersebut.

Untuk mengetahui kecepatan sebuah website ini, bisa dilakukan dengan manual, yakni hanya mengira-ngira kecepatan websitenya berdasarkan perkiraan kita. Atau bisa pula dengan melakukan analisis dengan menggunakan situs tertentu. Percobaan yang saya lakukan dengan cara manual, saya membutuhkan waktu sekitar 6 detik untuk mengakses website Dokter Babe, bisa dibilang bahwa kecepatan akses website Dokter Babe lumayan bagus.

Biar lebih fair, saya mencoba melakukan analisis kecepatan akses website Dokter Babe dengan menggunakan situs lain. Ada tiga situs yang saya gunakan, yaitu GTmetrix, Pingdom Website Speed Test, dan Web Page Test.

Analisa kecepatan website dengan Pingdom Website Speed Test

Analisa kecepatan website dengan GTmetrix
Analisa kecepatan website dengan Web Page Test

Analisa tersebut saya lakukan pada tanggal 29 Januari 2018, adapun hasilnya saat menggunakan GTmetrix menghasilkan analisa kecepatan website dengan nilai B, analisa dengan Pingdom Website Speed Test menghasilkan analisa untuk kecepatan website dengan skor 79, sedangkan analisa menggunakan Webpagetest hasilnya adalah median. Maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan akses dari website Dokter Babe adalah masuk dalam kategori lumayan bagus. Untuk dapat meningkatkan performa kecepatan akses website, Dokter Babe dapat mengikuti saran-saran yang diberikan oleh masing-masing situs yang menganalisa tersebut, biar aksesnya semakin wus wus.


Tampilan Website serta Navigasi


Ketika memasuki homepage dari Dokter Babe, maka kita akan disuguhkan website dengan warna soft, dengan warna dasar putih. Warna yang soft membuat mata tidak sakit untuk melihat berlama-lama.

Home Page Dokter Babe

Di homepage Dokter Babe, kita akan menemukan headline artikel-artikel populer berdasarkan topik populer di Dokte Babe. Adanya tampilan slide gambar membuat tampilan di homepage ini menjadi lebih hidup. Selain itu kita juga akan menemukan artikel terbaru. Terkadang besar kecil font juga sangat berpengaruh, bayangkan saja ketika tulisan di website sangat kecil, tentu saja akan menyulitkan pengunjung untuk membaca. Nah, besarnya font di website Dokter Babe ini bisa dibilang pas, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, sehingga membuat pembaca website merasa nyaman.



Untuk navigasi dari website Dokter Babe juga terbilang bagus. Kenapa ? Karena kita akan mudah menemukan menu apa saja yang terdapat dalam website, topik populer, kotak pencarian, daftar maupun login, kontak, about dari website, dan yang tak kalah pentingnya adalah tombol untuk konsultasi.

Dokter Babe memiliki empat layanan, yaitu Konsultasi, Lokasi, Glosarium Obat dan Glosarium Penyakit



Dapatkan Layanan Konsultasi Gratis


Jika Anda mempunyai suatu pertanyaan seputar kesehatan bisa tanyakan langsung ke Dokter Babe. Pertanyaan Anda akan dijawab langsung oleh Dokter dan Health Consultant terbaik pilihan Dokter Babe. Anda pun bisa berkonsultasi dengan Dokter Babe kapanpun dan dimanapun tanpa dipungut biaya alias gratis.

Layanan Konsultasi di Dokter Babe

Selain berkonsultasi, Anda juga dapat membaca pertanyaan-pertanyaan dari orang lain serta balasan dari Dokter yang menjawab pertanyaan tersebut. Di menu konsultasi ini terdapat tiga kategori yaitu Dijawab Dokter, Terbaru, dan Populer. Jadi, Anda bisa mengetahui apa saja pertanyaan-pertanyaan yang baru saja ditanyakan, ataupun pertanyaan-pertanyaan yang paling populer.


Layanan Lokasi yang Memudahkan Pengunjung Menemukan Rumah Sakit Terdekat


Anda sedang mencari Rumah Sakit, Faskes (Fasilitas Kesehatan), Apotek dan Klinik terdekat dari lokasi Anda saat ini ? Dokter Babe juga menyediakan fitur lokasi, hanya dengan sekali klik dan aktifkan fitur GPS yang ada di smartphone Anda, maka Anda akan menemukan lokasi yang dicari. Anda bisa mengetahui detail tentang lokasi yang ingin Anda tuju, misalnya tentang Rumah Sakit, Anda bisa mengetahui informasi lebih lengkap dari Rumah Sakit tersebut antara lain alamat, No telepon, jam layanan, serta komentar-komentar dari pengguna lain. Selain itu, Anda bisa juga mengetahui petunjuk arah tentang lokasi yang ingin Anda tuju.

Layanan Lokasi di Dokter Babe

Dengan layanan lokasi ini, tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengetahui tempat-tempat penting layanan kesehatan ketika dalam waktu yang mendesak, misalnya saat berada di luar kota dimana kita buta tentang lokasi kota tersebut.


Glosarium Obat yang Lengkap


Pernahkah Anda mencari tahu kegunaan obat yang diberikan dokter ? Jujur saya pernah, dan bahkan sering. Ketika saya habis berobat, maka sebelum saya minum saya akan iseng-iseng browsing tentang kegunaan obat itu yang diberikan dokter tadi. Nah, di Dokter Babe juga tersedia glosarium obat terbaru dan terlengkap, serta indikasi, cara pemakaian dan dosis yang dianjurkan.

Glosarium obat Dokter Babe

Dengan mencari tahu fungsi obat lebih detail akan nambah wawasan kita, mengedukasi diri sendiri tentang obat itu juga penting lho sobat. Nama-nama obat yang terdapat di website Dokter Babe sangat lengkap, dari Abjad A hingga Z, serta masing-masing jenis obat dikelompokkan berdasarkan alfabet yang memudahkan dalam pencarian nama obat.

Kita pun juga dapat mencari obat berdasarkan jenisnya dengan cara klik filter maka akan muncul pilihan jenis obat antara lain obat keras, obat bebas, obat bebas terbatas, psikotropika, dan narkotika. Sehingga, pengguna akan mengetahui jenis obat yang ia konsumsi termasuk dalam jenis obat apa, dengan begitu pengunjung akan semakin paham tentang jenis obat yang akan dikonsumsinya.

Di website Dokter Babe ini pula juga terdapat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang umum seputar penggunaan obat. Misalnya, Apa yang perlu didiskusikan dengan Dokter sebelum konsumsi obat ? Apa yang harus Anda lakukan setelah menerima suatu obat dari dokter ? Bagaimana cara menyimpan obat dengan baik ? Kapan sebaiknya bertemu dokter kembali untuk diskusi obat yang anda konsumsi ? Bagaimana cara membuang obat yang sudah tidak anda gunakan ? Pertanyaan-pertanyaan umum seputar obat ini juga dibahas dalam glosarium obat. Anda yang penasaran dengan jawabannya bisa langsung cek di www.dokterbabe.com


Glosarium Penyakit yang Lengkap


Dokter Babe juga menyajikan informasi tentang sebuah penyakit tertentu dan mengupas tuntas permasalahannya secara lengkap, mulai dari pengertian, cara pencegahan hingga obat yang disarankan.

Glosarium Penyakit Dokter Babe

Istilah berbagai penyakit dalam dunia medis terkenal rumit. Tulisan maupun pengejaan yang rumit membuat orang awam merasa kesulitan. Oleh karena itu, hadirnya Dokter Babe yang dilengkapi dengan Glosarium Penyakit ini tentunya memudahkan orang awam seperti saya untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis penyakit. Semua jenis penyakit dari A hingga Z ada di website Dokter Babe yang sudah dikelompokkan berdasarkan alfabet sehingga memudahkan pengguna dalam mencari jenis penyakit yang ingin diketahui.

Setiap penyakit dijelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan penyakit tersebut, apa saja gejala-gejala yang timbul, apa saja penyebabnya, proses diagnosis dan pengobatannya, apa yang akan terjadi apabila penyakit tersebut tidak segera ditangani, bagaimana mencegah serangan penyakit tersebut. Dengan informasi yang begitu lengkap tentang suatu penyakit tersebut tentunya dapat menambah wawasan untuk orang lain, penggunaan bahasanya pun mudah dipahami untuk orang awam.


Kategori di Dokter Babe


Jenis kategori yang ada di website Dokter Babe terdiri dari Hidup sehat, kecantikan, ibu dan bayi, keluarga, kesehatan dan intim. Jika kita mengklik salah satu kategori maka akan muncul artikel-artikel yang termasuk dalam jenis kategori tersebut. Selain itu terdapat pula topik populer di kategori tersebut, sehingga kita dapat memilih artikel apa yang akan kita baca sesuai dengan keinginan kita. 

Jenis Kategori di Dokter Babe


Kualitas Artikel ?


Satu hal yang membedakan penulisan artikel di Dokter Babe dengan website lainnya adalah adanya verifikasi dari dokter. Masalah kesehatan tentunya hal yang sangat penting. Tidak sembarang orang berkompeten dalam menulis artikel kesehatan. Maka dari itu, adanya verifikasi oleh dokter bisa dikatakan bahwa tulisan atau artikel tersebut bermutu, dan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan salah pengertian dan berakibat fatal.


Artikel di Dokter Babe ada verifikasi dari Dokter

Ingin membagikan artikel tersebut dengan teman, sahabat, orang tua, maupun orang tersayang pun juga mudah, karena bisa dibagikan lewat facebook, twitter, google plus, dan email. Mau copy link artikel pun juga mudah. Kalau ingin berlangganan artikel di Dokter Babe tinggal masukkan saja alamat email, maka Anda akan mendapatkan informasi-informasi terbaru di Dokter Babe yang tentunya sangat bermanfaat sekali.



Saran untuk Website Dokter Babe


Saat saya mengamati konsultasi yang ada di website Dokte Babe, pertanyaan-pertanyaan itu akan dijawab secara offline. Jadi penanya tidak bisa mendapatkan jawabannya seketika. Mungkin seandainya terdapat fitur Live Chat akan membuat website Dokter Babe semakin menarik.



Kesimpulan


Hadirnya situs Dokter Babe tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk berbagi informasi seputar kesehatan. Secara umum kecepatan akses website ini lumayan bagus. Tampilan websitenya sederhana namun elegan, tidak terlalu mencolok sehingga membuat pengunjung nyaman. Navigasi yang mudah bahkan bagi pengunjung baru. Informasi tentang obat dan penyakit yang lengkap. Adanya fitur untuk mencari lokasi tentang rumah sakit, faskes, apotek maupun klinik terdekat memudahkan pengguna yang membutuhkan informasi dengan segera. Jenis kategorinya lumayan lengkap. Untuk kualitas artikel tidak diragukan lagi karena ada verifikasi dari dokter yang berkompeten. Sementara yang kurang dari website Dokte Babe adalah tidak adanya fitur Live Chat, sehingga konsultasi akan dijawab oleh Dokter secara offline.

Nah itulah sekilas review tentang website Dokte Babe, Situs Kesehatan Berkualitas.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Menarik artikel kesehatan ini. trims sudah menulisnya. stimuno untuk anak

    BalasHapus
  5. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------


    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar yang berbau sara akan saya hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.